Tips Cara Cek Spesifikasi Laptop dengan Mudah? Ini Penjelasannya

cara melihat spesifikasi laptop

Saat akan membeli laptop, maka melakukan cek spesifikasi laptop sangat penting. Spesifikasi ini berisi tentang informasi teknis mengenai komponen dan kemampuan laptop. Contohnya tipe processor dan baterai yang dimiliki, model, hingga keterangan pabrik.

Melihat spesifikasi laptop bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Dengan mengetahui speknya, berbagai kelebihan dan kekurangan laptop tersebut akan dapat diketahui. Lalu bagaimana cara untuk mengecek spesifikasi laptop tersebut?. Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Daftar Cara Mengecek Spek Pada Laptop

cara cek spesifikasi laptop lewat cmd

  • Melalui Properties

Cara pertama, Anda dapat menuju Properties pada laptop. Caranya, buka terlebih dahulu program File Explorer, lalu klik opsi “This PC” dengan gambar atau ikon komputer pada windows 10 ke atas atau klik opsi “My Computer” pada windows versi di bawahnya. Jika sudah, pilih menu “Properties”.

Disini Anda bisa melihat berbagai keterangan dari laptop, mulai dari spesifikasi luar dan dalam. Cara cek spesifikasi laptop yang pertama ini tergolong paling mudah dilakukan.

  • Melalui “This PC” Dan “About”

Cara yang kedua adalah melalui “This PC” dan “About” yang ada di laptop. Cara ini hampir sama dengan melalui Properties. Keduanya mempunyai langkah yang berbeda. Jika melihat menggunakan “This PC”, ketikkan “this PC” pada kolom pencarian di start menu windows.

Jika sudah menemukan opsi “This PC”, klik kemudian pilih “Properties”. Setelah itu klik saja bagian menu “System”. Di situ Anda bisa melihat versi windows yang digunakan. Selain itu, informasi mengenai processor, RAM, baterai, dan sebagainya akan ditampilkan dengan lengkap.

Sedangkan jika melihat melalui “About”, pertama, pergi ke Setting Windows, lalu klik “System” kemudian pilih “About”. Setelah itu, klik bagian “Device specifications”. Disini akan dapat ditampilkan informasi perangkat seperti nama, spek-spek laptop. Anda bisa mengganti nama PC pada bagian ini.

  • Melalui System Information

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah melalui system information. Cara satu ini sedikit lebih simple. Anda hanya perlu mengetikkan pada kolom pencarian dengan menuliskan “system information” atau ketik saja “msinfo32”.

Jika sudah menemukan program System Information, masuk pada opsi itu. Pada system information ini Anda akan diberitahu tentang segala hal mengenai laptop tersebut. Tentunya informasi sistem laptop tersebut lebih detail dan lengkap.

  • Melalui Device Manager

Untuk cara selanjutnya ini yaitu melalui menu Device Manager. Untuk cepat menuju menu ini, Anda bisa mengetikkan “device” pada kolom pencarian windows. Setelah masuk pada menu tersebut, berbagai informasi tentang spesifikasi laptop juga dapat diketahui dengan lengkap.

Pada Device Manager ini Anda tidak hanya bisa melihat spek laptop, kegiatan lain juga bisa dilakukan melalui menu ini. Misalnya saja mengelola driver perangkat yang terpasang..

Fungsi utama Device Manager sendiri adalah untuk mengelola berbagai driver laptop seperti kamera, printer, keyboard, mouse, dan sebagainya. Oleh karena itu, informasi laptop yang ditampilkan memang tidak begitu detail dibandingkan metode lain sebelumnya yang sudah dijelaskan.

  • Melalui CMD (Command Prompt)

Jika ingin melihat spek melalui metode ini, langkah pertama, buka Command Prompt dengan cara mengetikkan “cmd” saja pada kolom pencarian pada start menu windows. Jika sudah menemukannya, masuk dan ketikkan “systeminfo” pada halaman Command Prompt yang muncul.

Melalui cara ini, Anda dapat melihat informasi seputar laptop. Informasi tersebut mulai dari spesifikasi, IP address laptop, versi OS windows, BIOS, dan directory. Informasi tentang laptop di CMD ini bisa dikatakan sangat lengkap.

Simak juga rekomendasi laptop untuk mahasiswa, spek garang harga bikin girang.

  • Melalui Dxdiag

Cara cek spesifikasi laptop yang juga sering diterapkan sebagian orang adalah melalui Dxdiag. Dxdiag adalah singkatan dari Direct Diagnostic Tool. Kegunaannya untuk menampilkan informasi tentang tool-tool yang terpasang di laptop.

Untuk menuju Dxdiag dapat dilalui dengan dua cara. Cara pertama yaitu tinggal mengetikkan “dxdiag” pada kolom pencarian windows, lalu buka dxdiag dan sedikit informasi laptop akan muncul otomatis. Cara yang kedua yaitu melalui menu “Run” terlebih dahulu lalu ketik “dxdiag”.

Setelah masuk, pilih menu “System”. Disini dapat ditampilkan informasi tentang versi OS windows, BIOS, DirectX, dan beberapa info lain. Anda juga bisa melihat spesifikasi VGA Card pada menu “Display”, spesifikasi speaker pada menu “Sound”, dan perangkat yang terpasang di menu “Input”.

  • Menggunakan Software CPU-Z

Trik selanjutnya yaitu dengan menggunakan software atau aplikasi. Langkah-langkahnya akan lebih panjang karena perlu mendownload dan menginstal aplikasi pada laptop. Jika sudah memasangnya, langsung saja buka aplikasi. Aplikasi yang pertama adalah CPU-Z.

Software ini dapat memberikan informasi terkait laptop atau komputer yang sedang digunakan. Misalnya spesifikasi CPU atau processor meliputi nama, kode, kecepatan core, max tdp, dan terknologi yang dipakai.

Contoh berikutnya yaitu informasi mengenai caches, motherboard, VGA card, RAM, dan beberapa informasi dasar lainnya. Dukungan aplikasi ini mungkin akan sedikit menambah informasi tentang perangkat yang tidak tersedia, jika Anda mengecek menggunakan settings perangkat langsung.

  • Menggunakan Software Speccy

cara melihat spesifikasi laptop

Selain software CPU-Z, ada lagi yang bisa dicoba yaitu software Speccy. Untuk menggunakannya, pertama, download aplikasi tersebut. Setelah itu, pasang atau install terlebih dahulu agar dapat menjalankan program aplikasi. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.

Berbagai keterangan mengenai spesifikasi laptop atau PC akan otomatis langsung ditampilkan. Anda bisa melihat semua informasi lebih detail dan lengkap disini. Informasi tentang CPU, RAM, motherboard, graphics, versi OS, storage, audio, dan devices akan terlihat.

Menggunakan Geforce Nvidia (Khusus Pengguna VGA Nvidia)

Cara yang terakhir ini berlaku khusus pengguna VGA Nvidia saja. Aplikasi ini dinamakan Geforce Experience. VGA card tipe Nvidia wajib memiliki dan memasang aplikasi ini jika ingin melihat spesifikasi perangkat dengan lebih lengkap.

Berbagai cara yang sudah disebutkan di atas bisa Anda coba. Pilih saja mana yang menurut Anda lebih mudah dan cepat. Setelah mengetahui banyak cara untuk melihat spesifikasi laptop atau PC, maka Anda bisa lebih paham dengan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Pentingnya Mengecek Spesifikasi Laptop

Mengapa cek spesifikasi laptop itu penting dilakukan? Alasannya agar mengetahui bagaimana kemampuan perangkat laptop atau komputer ini. Mulai dari spesifikasi hardware yang terpasang seperti RAM, motherboard, VGA card, jenis processor, dan informasi tentang perangkat kerasnya.

Jika sudah mengetahui informasi dan keterangan perangkat, maka Anda dapat lebih mengenali perangkat. Anda bisa mengetahui sampai mana kemampuan perangkat tersebut, sehingga sewaktu-waktu bisa memperbaharui sistemnya jika diperlukan.

Manfaat lainnya, Anda dapat mengecek spesifikasi komponen laptop yang perlu diganti. Dengan begitu, Anda bisa mengkomunikasikannya ke servis komputer atau laptop untuk meng-upgrade sistem.

Informasi tentang berbagai cara cek spesifikasi laptop di atas dapat diterapkan saat Anda butuhkan. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa semakin tinggi tipe atau versi komponen yang dimiliki, maka semakin bagus perangkat tersebut. Namun, jika masih memilih, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Memilih laptop apa saja merknya sebenarnya tidak masalah, mau laptop baru maupun bekas, OSnya XP ataupun Apple. Dari merk Samsung, Axioo, MSI, HP Pavilion, compaq, Vaio, Sony maupun besutan Mac atau Dell Ideapad, itu terserah Anda. Ibaratnya laptop adalah senapan, tukang bidik dan pemantiknya adalah Anda.

Cek spesifikasi lewat control panel, lihat OSnya mau windows atau linux ubuntu. Cek pula hardisk apakah udah GPU atau belum.Resolusi layar berapa? Semua

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *